Jumat, 12 Desember 2008

Maryamah Karpov, Andrea Hirata

Hari ini..(tadi pagi)
Aku dipinjem-in temen sebuah novel barunya Andrea Hirata, novel yang sudah lama ku tunggu, judulnya "Maryamah Karpov, Mimpi-mimpi Lintang". Aku sangat menggemari tulisan Andrea Hirata, baik dari Laskar Pelangi,Sang Pemimpi,edensor hingga yang terbaru ini Maryamah Karpov.

Entah knapa, begitu membaca Laskar pelangi, aku langsung terhenyak dan bergemuruh dada ini. Aku langsung jatuh cinta dnegan karya-karyanya Andrea Hirata. Meski ada perdebatan di milis tentang keaslian cerita laskar pelangi, toh itu tidak membuatku memalingkan kepala dari akrya-karyanya. Karena benar atau tidak, mungkin memang di luar sana masih banyak Lintang-lintang lainnya yang justru tidak mendapat pendidikan dan perhatian sama seklai.

Apakah pernah membayangkan seorang einstein lahir dari pengamen jalanan? ataukah seorang pascal,achimedes,newton terlahir dan menitiskan bakatnya kpada seorang anak pemulung? Yang dengan segala keterbatasannya, tidak mampu sekedar sekolah? Hei kawan, masih banyak di luar sana anak-anak seperti lintang yang justru belum sempat menjamah bangku sekolahan.

Terkadang aneh melihat isi dari kepala orang0orang yang mengaku fans Andrea Hirata pada awal kemunculan Laskar Pelangi, namun setelah terjadi polemik, malah meninggalkan, mencaci maki, bukannya malah bersyukur terlepas benar tidaknya jalan cerita yang di buat Andrea, mungkin masih banyak di sekeliling kita anak-anak yang musti mendapat eprhatian kita, jauh dari ketidak beruntungan, dan otaknya sejenius lintang, sejenius einstein,da vinci....
Di luar sana, masih ada Lintang - Lintang lain, Ikal- Ikla lainnya, bagai mutiara tersaput debu...

Kembali ke buku yang aku baca hari ini, sambil curi-curi waktu kantor, tamat sudah 1 buku setebal 504 halaman ku baca hari ini...sangat menarik buatku...perjuangan mencari cinta, teori-teori si jenius Lintang, sarkastiknya Mahar...sungguh membuatku enggan melangkahkan kaki meninggalkan mejaku, hanya karena ingin kutuntaskan membaca novel ini...

Salut untuk Andrea Hirata,

Tidak ada komentar: